dimanche 20 mai 2007

Kanan dan Kiri

Kalau tidak salah (perlu dilihat lagi nih!!), dalam sejarah republik Perancis, Sayap Kanan atau Konservatif lebih banyak menguasai pemerintahan dibandingkan kiri. Mungkin saja karena sudah "kalah start" karena sejak jaman baheula, dan menurut sejarah Perancis Konservatism cikal bakalnya adalah Kaum Bangsawan dan Nasionalis. Dan kemudian baru muncul "sayap kiri" yang cikal-bakalnya adalah perlawanan terhadap hegemoni dan kesewenang-wenangan bangsawan atau penguasa.

sayap kanan, dalam hal ini UMP dan cikal bakalnya, sepertinya hampir sering menguasai eksekutif karena ikatan dan organisasinya sangat kuat dan berpengalaman. Sementara itu sayap kiri, meskipun pernah berkuasa, frekuensinya lebih sedikit.

Satu lagi, sepertinya sayap kiri lebih seringnya menguasai legislatif dibandingkan eksekutif. Lagi-lagi kembali ke hakekat kiri yang selalu konfrontatif, akhirnya memang pas kalau kiri selalu jadi kubu penyeimbang eksekutif. Makanya tidak heran ketika pemilu PE lalu kiri memperoleh kursi yang cukup menentukan, tapi giliran pemilu Presiden kalah!

Masalahnya, sayap kiri yang dulu dikenal sangat kuat ideologinya, sekarang menjadi kurang bergaung suaranya. Mungkin karena kiri sangat berprinsip pada ideologi sehingga sulit menurunkan ke tataran di lapangan. akibatnya, ideologi hanya tinggal menjadi jargon-jargon belaka. Kita lihat saja, seberapa laku kah ideologi yang ditawarkan sayap kiri pada pemilu legislatif mendatang!!!!

Aucun commentaire: