dimanche 20 mai 2007

antara media massa dan realita

Sore ini aku iseng membuka rekaman video istrinya PM Perancis yang baru. Istri François Fillon, kabarnya kelahiran Wales dan terbiasa tinggal di pedesaan dengan peternakan kuda dan menghabiskan waktunya membesarkan 5 anaknya. Beberapa orang dekatnya megatakan istri Fillon adalah seorang yang sangat terbuka dan mempunyai kepribadian yang menyenangkan. Ketika wawancara pun keliatannya komentar orang ada benarnya. Dia mengatakan bahwa salah satu alasan mengapa suaminya mendukung pencalonan Sarkozy sebagai Presiden adalah karena Sarkozy orang yang sangat terbuka dan terus terang (berbeda dengan Jacques Chirac yang sering menggunakan ungkapan dalam pernyataan (yang begini sih memang tabiat kebanyakan orang Perancis kali yaaa!).
Yang menarik adalah pernyataan Mme. Fillon bahwa Sarkozy adalah orang yang selalu berbuata dengan terus terang dan tidak pernah melakukan sesuatu di belakang kita. Apakah maksudnya?? Apa suaminya pernah "ditusuk dari belakang" oleh Chirac sewaktu berkuasa? Ataukah hanya sekedar kampanye positif bahwa Sarkozy adalah orang yang baik sebagaimana lumrahnya manusia?Yang aku tahu ketika resuffle kabinet paska referendum Konstitusi UE, Fillon adalah salah satu menteri yang tersingkir.
ada beberapa lagi tanggapan orang Perancis mengenai Sarkozy, bahkan satu di antaranya adalah keluarga dekat temanku di Paris, yang mengatakan bahwa Sarkozy adalah seorang yang simpatik. Yaaa...kalo dipikir-pikir Sarkozy kan juga manusia, ada yang menganggapnya menakutkan, ada yang menganggapnya ambisius, adapula yang mengatakan sebagai seorang yang cemerlang dan menyenangkan.
Lalu mengapa citranya yang menakutkan lebih menonjol? Ada apa sebenarnya dengan media Perancis. Apakah salah pernyataan orang-orang yang mengatakan sebaliknya tentang Sarkozy, yang bertentangan dengan sorotan media massa???
Sebenarnya semua pernyataan, baik media massa maupun orang di jalanan, tidak ada yang salah, JIKA SAJA, sekali lagi JIKA SAJA MEREKA MEMPUNYAI BUKTI!. Media A bisa saja menjuluki Sarkozy ambisius atau menakutkan, jika saja mereka mempunyai bukti. Orang bisa saja mengatakan Sarkozy simpatik, dari sudut pandangnya, meskipun dari pengalaman yang sangat singkat. Ibarat cerita kesaksian 5 orang tuna penglihatan mengenai gajah. Yang kebetulan memegang belalainya bilang gajah itu panjang. Yang memegang telinganya bilang gajah itu lebar. dsb, sehingga semuanya tidak ada yang salah karena semua pernyataan menggambarkan ciri-ciri gajah.
Sekarang pernyataannya, Sarkozy adalah Machiavelist! mungkin saja benar, karena orang yang mengatakan itu tahu betul istilah Machiavelist, dan pernah membuktikan bahwa Sarkozy adalah orang yang mempunyai ciri-ciri Machiavelist! Mungkin dapat dibenarkan kalo itu pernyataan orang awam. Tetapi jika anda adalah seorang public figur atau tokoh politik tiba-tiba menyatakan seperti itu......waaaah, sepertinya anda perlu mempunyai bukti-bukti kuat. dan saya sedang berhandai-handai, mungkin saja publik figur itu atau tokoh politik itu pernah ketemu Sarkozy, dan ketika berjumpa tiba-tiba Sarkozy membisikkan kepadanya: saya ini Machiavelist lho!!!!!!!!!!!!!!!!!!
semoga ketika selalu mempunyai dasar ketika berbicara, apalagi menyampaikan berita.....karena kita akan terbiasa menjadi pembohong akibat cerita atau berita yang kita sampaikan tidak berdasar! dan jangan lupa pepatah atau ungkapan bahwa "kebohongan kecil akan menjadi kebiasaan atau lingkaran setan bagi kebohongan-kebohongan kita lainnya" dan pada akhirnya menjadi kebiasaan kita. Semoga kita diingatkan untuk menjauhi kebohongan......

Aucun commentaire: